Kamis, 29 Desember 2011

Asma dan solusinya

Menderita karna asma tentu bukanlah hal yang menyenangkan,serasa seakan-akan hidup akan berakhir karna sesak nafas kekurangan oksigen.kali ini pengobatan alternatif tradisional "saras" akan mengupas tuntas tentang asma dan solusinya.
Penyakit Asma (Asthma) adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru dimana terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas. Penyakit Asma paling banyak ditemukan di negara maju, terutama yang tingkat polusi udaranya tinggi baik dari asap kendaraan maupun debu padang pasir.

  • Penyebab Penyakit Asma

  • Sampai saat ini penyebab penyakit asma belum diketahui secara pasti meski telah banyak penelitian oleh para ahli. Teori atau hypotesis mengenai penyebab seseorang mengidap asma belum disepakati oleh para ahli didunia kesehatan.
    Namun demikian yang dapat disimpulkan adalah bahwa pada penderita asma saluran pernapasannya memiliki sifat yang khas yaitu sangat peka terhadap berbagai rangsangan (bronchial hyperreactivity = hipereaktivitas saluran napas) seperti polusi udara (asap, debu, zat kimia), serbuk sari, udara dingin, makanan, hewan berbulu, tekanan jiwa, bau/aroma menyengat (misalnya;parfum) dan olahraga.
    Selain itu terjadinya serangan asma sebagai akibat dampak penderita mengalami infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) baik flu ataupun sinisitis. Serangan penyakit asma juga bisa dialami oleh beberapa wanita dimasa siklus menstruasi, hal ini sangat jarang sekali.Angka peningkatan penderita asma dikaitkan dengan adanya faktor resiko yang mendukung seseorang menderita penyakit asma, misalnya faktor keturunan. Jika seorang ibu atau ayah menderita penyakit asma, maka kemungkinan besar adanya penderita asma dalam anggota keluarga tersebut.
  • Tanda dan Gejala Penyakit Asma

  • Adapun tanda dan gejala penyakit asma diantaranya :
    1. Pernafasan berbunyi (wheezing/mengi/bengek) terutama saat mengeluarkan nafas (exhalation). Tidak semua penderita asma memiliki pernafasan yang berbunyi, dan tidak semua orang yang nafasnya terdegar wheezing adalah penderita asma!
    2. Adanya sesak nafas sebagai akibat penyempitan saluran bronki (bronchiale).
    3. Batuk berkepanjangan di waktu malam hari atau cuaca dingin.
    4. Adanya keluhan penderita yang merasakan dada sempit..
    5. Serangan asma yang hebat menyebabkan penderita tidak dapat berbicara karena kesulitannya dalam mengatur pernafasan.
    Pada usia anak-anak, gejala awal dapat berupa rasa gatal dirongga dada atau leher. Selama serangan asma, rasa kecemasan yang berlebihan dari penderita dapat memperburuk keadaanya. Sebagai reaksi terhadap kecemasan, penderita juga akan mengeluarkan banyak keringat.
  • Cara Menghindari Serangan Asma

  • Langkah tepat yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan asma adalah menjauhi faktor-faktor penyebab yang memicu timbulnya serangan asma itu sendiri. Setiap penderita umumnya memiliki ciri khas tersendiri terhadap hal-hal yang menjadi pemicu serangan asmanya
    Nah bagi anda penderita asma kami coba menularkan cara mengatasi asma secara herbal,semoga bisa menjadi solusi dan manfaat bagi anda.
    Kenanga inilah obat mujarab yang sebenarnya familiar tapi tidak banyak diketahui orang kasiat dan manfaatnya(Canangium odoratum) adalah tumbuhan berbatang besar sampai diameter 0,1-0,7 meter dengan usia puluhan tahun. Tumbuhan kenangan mempunyai batang yang getas (mudah patah) pada waktu mudanya. Tinggi pohon ini dapat mencapai 5-20 meter. Bunga kenanga akan muncul pada batang pohon atau ranting bagian atas pohon dengan susunan bunga yang spesifik. Sebuah bunga kenanga terdiri dari 6 lembar daun dengan mahkota berwarna kuning serta dilengkapi 3 lembar daun berwarna hijau. Susunan bunga tersebut majemuk dengan garpu-garpu. Bunga kenanga beraroma harum dan khas. Di pedesaan, kenanga sering dipelihara untuk dipetik bunganya. Tumbuhan liar yang kini mulai jarang ini mudah tumbuh di daerah dataran rendah mulai ketinggian 25-1000 meter di atas permukaan laut.
    Nama Lokal :
    Kenanga (Indonesia), Kenanga, Wangsa (Jawa); Kananga (Sunda), Sandat kananga, Sadat wangsa (Bali); Selanga (Aceh), Sandat (Sasak), Ngana-ngana (Nias); Lalangiran, amok, wungurer, pum-pum, luit (Minahasa);
    Penyakit Yang Dapat Diobati :
    Malaria, Asma, Sesak nafas, Bronkhitis.
    Pemanfaatan :
    1. Malaria dan Asma
    Bahan: 3 kuntum bunga kenanga yang sudah dikeringkan.
    Cara membuat: diseduh dengan 1 gelas air panas dan ditutup rapat.
    Cara menggunakan: disaring dan diminum secara teratur.
    2. Sesak Nafas
    Bahan: gemggam bunga kenanga dan 1 sendok gula putih.
    Cara membuat: direbus dengan 1 gelas air panas sampai mendidih
    hingga tinggal gelas.
    Cara menggunakan: disaring dan diminum; dilakukan secara rutin
    pagi-sore.
    3. Bronkhitis
    Bahan: 2 kuntum bunga kenanga.
    Cara membuat: direbus dengan 1 gelas air panas sampai mendidih
    hingga tinggal gelas.
    Cara menggunakan: disaring dan diminum; dilakukan secara rutin
    pagi-sore.

    Semoga ini bisa jadi manfaat bagi anda penderita asma yang mungkin sudah berobat kemana-mana belum mendapatkan kesembuhan,insya allah karna allah mudah-mudahan kesembuhan dan kenormalan segera menghampiri anda.bila mana ada hal-hal yang ingin anda konsultasikan,silahkan tinggalkan komentar anda diblog ini atau bisa e-mail: iinsaras81@gmail.com atau contac 081225448181

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar