Selasa, 03 Januari 2012

Sepele tapi mengandung khasiat yang luar biasa

Terdengar sepele sekali tapi mempunyai nama yang cukup familiar dan mengandung sejuta manfaat.TEMULAWAK
Temulawak (curcuma xanthorriza ROXB)merupakan tanaman salah satu tanaman obat asli indonesia.temulawak dapat memiliki ketinggian sampai 2 meter dan memiliki bunga berwarna kuning.manfaat dari temulawak antara lain dapat mengobati serta mencegah penyakit seperti: produksi cairan empedu,radang lambung,melancarkan pencernaan,gangguan ginjal,hepatitis,liver,radang empedu,anemia,menurunkan kolestrol,mengatasi gumpalan darah,eksim,ambeyen,rematik dan masih banyak yang lain-lain nya.
Berbagai manfaat temulawak diatas dapat anda peroleh dengan mengkonsumsi temulawak yang diolah menggunakan beberapa resep dibawah ini;

UNTUK LIVER 
sediakan 25 gram temulawak serta 30 gram daun serut kemudian dicampur dengan air kira-kira 600 cc lalu direbus sampai tinggal setengahnya kemudian disaring dan diminum selagi hangat.
RADANG KANDUNG EMPEDU
temulawak 30 gram diiris tipas-tipis lalu direbus dengan air kira-kira 500 cc hingga tinggal 200 cc lalu disaring dan diminum selagi hangat.
PEGEL LINU & REMATIK
20 gram temulawak dan 20 gram jahe merah direbus dengan air 400 cc hingga tinggal setengahnya disaring dan diminum hangat-hangat.
BATU EMPEDU
25 gram temulawak 30 gram meniran dan beri gula aren secukupnya,rebus dengan air 500 cc hingga tinggal 200 cc disaring dan diminum selagi hangat.
BATUK HINGGA RADANG SALURAN PERNAFASAN
25 gram temulawak diparut dan tambahkan air matang secukupnya lalu diperas dan saring air nya.berikan  air perasan 1 buah jeruk nipis dan madu secukupnya lalu diminum.

Nah demikianlah beberapa resep yang berbahan baku dasar dari temulawak,semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.apabila ada hal yang ingin dikonsultasikan silahkan tinggalkan komentar anda dibawah atau bisa e-mail: iinsaras81@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar